GLOBAL MARKETING DAN RESEARCH AND DEVELOPMENT

BISNIS INTERNASIONAL

GLOBAL MARKETING DAN RESEARCH AND DEVELOPMENT

 

Dosen pembimbing :Dr.Verinita,SE,MSi

 

 

Disusun oleh :

Kelompok 6

DEWI LESTARI                                (1310551009)

IVA AMELYA PUTRI                     (1310551024)

SUCI FEBRIANI                              (1410551009)

TIARA ARINI                                   (1410552037)

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS ANDALAS KAMPUS II PAYAKUMBUH

2016

BAB I

GLOBAL MARKETING

 

  1. PENGERTIAN GLOBAL MARKETING

Global marketing atau pemasaran global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan strategi pemasaran (global), pasar (global), maupun produk yang sama di berbagai negara lain. Atau sederhananya pemasaran global adalah kegiatan pemasaran yang melakukan operasinya melalui beberapa negara dan melewati batas-batas lebih dari satu negara. Manajemen pemasaran global adalah disiplin ilmu universal yang dapat diterapkan dimana saja, kebiasaan pemasaran bervariasi dari satu negara ke negara lain. Fokus pentingnya pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global.

Pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya (manusia, uang dan aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global. Pasar demikian biasanya tercipta karena adanya konsumen yang lebih menyukai produk strandar, harga murah dan karena adanya perusahaan global yang memanfaatkan jaringan operasi dunia mereka untuk bersaing dipasar pasar global.

Diemensi-dimensi utama dalam pemasaran global:

  1. Lingkungan pemasaran global
  2. Segmentasi pasar global
  3. Pemasaran dengan sasaran global
  4. Marumuskan strategi dan rencana pemasaran global
  5. Bauran pemasaran global
  6. Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global

Pemasaran yang sukses tergantung pada seberapa kuat hal itu bertumpuan pada hal-hal yang fundamental. Tetapi bukan berarti semua prinsip merketing adalah sama, yang berbeda membutuhkan taktik yang berbeda pula. Mengetahui perbedaan ini sama juga mengetahui perbedaan antara suksesdan kegagalan.

  1. STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL
  2. Melakukan ekspor – impor
  3. Membuka kantor perwakilan atau cabang

Pembentukan sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya disebut sebagai Greenfield Venture atau usaha ladang-hijau. Tindakan ini merupakan sebuah proses yang kompleks dan berpotensi akan memakan biaya besar, tetapi strategi ini memiliki keunggulan karena memiliki kontrol maksimum kepada perusahaan sehingga jika berhasil berpotensi memberikan laba di atas rata-rata.

  1. Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi.

Perusahaan pemberi Lisensi (Licensor) membuat persetujuan denganmenerima Lisensi (Licensee) bahwa Licensee memperoleh Hak untukmenggunakan Proses / Teknologi Produksi, Merk Dagang, Paten dsb, denganmembayar Fee / Royalty kepada Licensor . Licensor dalam hal ini memperolehmanfaat , yaitu dapat memasuki pasar Asing dengan Risiko Rendah. Contoh :DISNEYLAND mengeluarkan Lisensi untuk memproduksi dan memasarkanproduknya : – Donald Bebek, Mickeymouse, dll.

  1. Melakukan Franchising

Yaitu bentuk kerjasama tertulis antara pihak Franchisor dan Franchise diberihak untuk mendistribusikan Produk atau Jasa tertentu dalam periode danWilayah tertentu serta cara-cara yang ditentukan oleh Franchisor. Contoh :MC. Donald, KFC. Dll.

  1. Membuka Usaha Patungan atau Joint Venture

Investor luar negeri dapat bergabung investor lkal untuk membentuk usahapatungan dimana mereka membagi kepemilikan dan control. Perusahaan luar negeri mungkin kekurangan sumber daya finansial atau manajerial ataumanajerial untuk menjalankan usahanya.

  1. Melakukan Akuisisi Perusahaan Lain

Akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atauasset suatu perusahaan oleh perusahaan lain, dan dalam peristiwa ini baikperusahaan pengambilalih atau yang diambil alih tetap eksis sebagai badanhukum yang terpisah.

Keuntungan akuisisi diantaranya adalah :

  1. akuisisi dapat menyediakan akses cepat ke sebuah pasar yang baru
  2. akuisisi dapat memberikan jalan untuk ekspansi internasional

sedangkan kelemahan dari akuisisi adalah :

  1. pendanaan yang mahal sehingga seringkali diperlukan pendanaanmelalui utang.
  2. negosiasi internasional untuk akuisis dapat menjadi kompleks karenadihadapkan pada syarat-syarat hukum dan perundang- undangan dinegara tuan rumah dan perusahaan sasaran dan mendapatkan informasiyang tepat untuk menegosiasikan perjanjian
  3. FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT BISNIS GLOBAL
  4. Kekuatan Yang Mendorong

o Kebutuhan Pasar

Budaya universal seperti perbedaan budaya terdapat unsur yang samadalam sifat manusia yang menjadi dasar untuk menciptakan danmelayani pasar global.Contoh : minuman ringan, salah satu industri global yang terbesar yangsukses

o Teknologi

Professor Levitt menulis artikel ” kenyataan komersial yang baru –munculnya pasar global untuk produk konsumen standar dalam skalayang belum pernah dibyangkan”. Ada kekuatan yang amat besar yangmendorong dunia ke arah menyatunya hal-hal yang sudah umum dankekuatan itu adalah Teknologi.

o Biaya

Keseragaman dapat menurunkan biaya riset, rekayasa, desain, kreatifdan produksi di semua fungsi bisni , dari rekayasa sampai pemasarandan administrasi.

o Mutu

Volume global menghasilkan penerimaan dan mutu operasi yang lebihbesar untuk mendukung mutu desai dan pembuatan.

o Komunikasi dan Transportasi

Revolusi informasi memberikan kontribusi pada berkembangnyapemasaran global.

  1. Kekuatan Yang Menghambat

o Perbedaan Pasar

Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih cukup banyak diantarabatas negara dan budaya budaya yang memerlukan adaptasi daribeberapa unsur bauran pemasaran.

o Sejarah

Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi pemasaran khususdan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi tersendiri.

o Kecadokan Manajemen

Dalam banyak hal, produk dan kategori merupakan calon untukglobalisasi, tetapi manajement tidak menangkap kesempatan tsb.

o Budaya Organisasi

Perusahaan global yang sukses adalah pemsar yang telah belajar caramemadukan visi global dan perspektif dengan insiatif dan masukanpasar lokal. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan.

o Kendali Nasional/ Hambatan untuk masuk suatu Negara

Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya denganmemegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.

  1. PERDAGANGAN LUAR NEGERI

Pengertian perdagangan internasional merupakan hubungan kegiatanekonomi antarnegara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barangatau jasa atas dasar suka rela dan saling menguntungkan.Perdagangan Internasional dapat juga diartikan perdagangan yangdilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasarkesepakatan bersama.

  1. Manfaat perdagangan internasional

o Efisiensi

Melalui perdagangan internasional, setiap negara tidak perlumemproduksi semua kebutuhannya, tetapi cukup hanya memproduksiapa yang bisa diproduksinya dengan cara yang paling efisiendibandingkan dengan negara-negara lain.

o Perluasan konsumsi dan produksi

Perdagangan internasional juga memungkinkan konsumsi yang lebihluas bagi penduduk suatu negara.

o Peningkatan produktifitas

Negara-negara yang berspesialisasi dalam memproduksi barangtertentu akan berusaha meningkatkan produktivitasnya. Dengandemikian mereka akan tetap unggul dari negara lain dalammemproduksi barang tersebut.

o Sumber penerimaan Negara

Dalam perdagangan internasional juga bisa menjadi sumber pemasukankas negara dari pajak-pajak ekspor dan impor.

  1. Kebijakan Perdagangan Internasional

Kebijakan perdagangan internasional setiap negara berbeda dengannegara lain. Ada negara yang memilih menjalankan kebijakan perdaganganbebas (free trade), ada yang memilih menjalankan kebijakan perdaganganproteksionis, dan ada pula yang memilih gabungan keduanya.

  1. PENGERTIAN RESEARCH AND DEVELOPMENT

Penelitian pengembangan (Research and development /R&D) adalah metodepenelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifanproduk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yangbersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapatberfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan penelitian untuk menguji produk tersebut.Jadi penelitian pengembangan bersifat longitudinal (bertahap bisa multy years).Sesuai dengan namanya, Research & Developmnet difahami sebagai kegiatanpenelitian yang dimulai dengan research dan diteruskan dengan development.

Kegiatanresearch dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan pengguna (needsassessment), sedangkan kegiatan development dilakukan untuk menghasilkanperangkat pembelajaran.Menurut Malhotra Riset Pemasaran Adalah Suatu ProsesIdentifikasi Masalah, Pengumpulan Data Informasi, Analisis danPenyajian Informasi Secara Sistematis dan Obyektif Yang akandigunakan managemen dalam mengambil keputusan SertaMemecahkan permasalahan yang berhubungan dengan Pemasaransedang menurut Marketing Association (McDaniel, 2001) risetpemasaran secara formal didefinisi sebagai fungsi yangmenghubungkan konsumen, pelanggan dan publik denganpemasar (Marketer) melalui informasi-informasi Yang digunakanuntuk melakukan identifikasi Sertan mendefinisikan peluang danmasalah pemasaran; serta menghasilkan, menyempurnakan danmengevaluasi upaya serta memantau kinerja pemasaran;memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

Risetpemasaran menspesifikasi informasi yang dibutuhkan dalammemecahakan permasalahan; mendesain metode pengumpulaninformasi (Data); mengelola dan mengimplementasi prosespengumpulan data; menganalisis hasilnya; danmengkomunikasikan temuan-temuan dan implikasinya. Secaralebih ringkas, riset pemasaran adalah suatu proses perencanaan,pengumpulan, dan analisis data yang relevan denganpengambilan keputusan pemasaran dan mengkomunikasikanhasil analisis tersebut kepada manajemen.

Karakteristik langkah pokok R&D yang membedakannya dengan pendekatanpenelitian lain. Borg and Gall, 1983 menjelaskan 4 ciri utama R&D, yaitu:

  1. Studying research findings pertinent to the product to be developed.

Melakukanstudi atau penelitian awal untuk mencari temuan-temuan penelaitian terkait denganproduk yang akan dikembangkan).

  1. Developing the product base on this findings.

Mengembangkan produk berdasarkan temuan penelitian tersebut.

  1. Field testing it in the setting where it will be used eventually.

dilakukannya ujilapangan dalam seting atau situasi senyatanya dimana produk tersebut nantinya digunakan.

  1. Revising it to correct the deficiencies found in the field-testing stage.

Melakukanrevisi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam tahap-tahap uji lapangan.

  1. TUJUAN PENELITIAN PENGEMBANGAN

Pada tujuan penelitian dan pengembangan biasanya berisi dua informasi yaitu masalah yang akan dipecahkan dan spesifikasi pembelajaran, model, atau perangkat yang akan dihasilkan untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian pengembangan adalah mengembangkan model atau produk yang efektif guna memenuhi kepentingan kegiatan program tertentu pada instansi tertentu pula, selanjutnya agar produk sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka model atau produk tersebut di ujicoba dilapangan, dan kemudian direvisi.

Kelebihan penelitian pengembangan :

  • Pendekatan penelitan pengembangan mampu menghasilkan suatu model atau produk yang memiliki nilai validasi tinggi karena produk tersebut dihasilkan melalui serangkaian uji coba dilapangan dan divalidasi oleh ahli
  • Pendekatan penelitian pengembangan merupakan penghubung antara penelitian yang bersifat teoritis dengan penelitian yang bersifat praktis
  • Metode penelitian yang ada dalam penelitian dan pengembangan cukup komprehensif mulai dari metode deskripstif, evaliatif dan eksperimen.

Kelemahan penelitian pengembangan:

  • Pada prinsipnya penelitian dan pengembangan memerlukan waktu yang relatif panjang karena prosedur yang harus ditempuh relatif komplek.
  • Pendekatan penelitian pengembangan dapat dikatakan penelitian “here and now” karena tidak mampu digeneralisasi secara utuh karena permodelan nya pada sampel bukan pada populasi.
  1. PROSEDUR PENELITIAN PENGEMBANGAN

Prosedur penelitian pengembangan akan memaparkan prosedur yang ditempuholeh peneliti/pengembang dalam membuat produk. Prosedur pengembangan berbedadengan model pengembangan dalam memaparkan komponen rancangan produk yangdikembangkan. Dalam prosedur, peneliti menyebutkan sifat-sifat komponen pada setiaptahapan dalam pengembangan, menjelaskan secara analitis fungsi komponen dalamsetiap tahapan pengembangan produk, dan menjelaskan hubungan antar komponendalam sistem. Dalam keperluan penelitian dan pengembangan, seorang peneliti harusmemenuhi langkah-langkah procedural yang biasanya digambarkan dalam suatugambar alur dari awal hingga akhir.

Penelitian dapat dibagi 2 :

  1. Penelitian Murni

Penelitian dasar disebut juga penelitian murni atau penelitian pokok adalah penelitian yang diperuntukkan bagi pengembangan suatu ilmu pengetahuan teori-teori yang ada atau menemukan teori baru.

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan mengembangan ilmu pengetahuan tanpa memikirkan pemanfaatan langsung dari hasil penelitian tersebut. Penelitian justru memberikan sumbangan besar terhadap pengembangan serta pengujian teori- teori yang akan mendasari penelitian terapan.

Penelitian murni juga di bedakan manjadi :

  1. Penelitian deduktif, yaitu penelitian yang bertujuan menguji teoti pada keadaan tertentu.
  2. Penelitian induktif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengambangkan teori atau hipotesis melalui pengungkapan fakta.
  3. Penelitian Terapan

Kegunaan penelitian terapan adalah pemanfaatan atau penerapan ilmu pengetahuan pada isu-isu praktis tertentu, seperti untuk menjawab persoalan kebijakan atau social problem surving. Pada penelitian terapan penggunaan teori kurang dipentingkan dibandingkan dengan pencarian solusi untuk masalah yang akan ditangani. Pada umumnya penelitian terapan adalah jenis penelitian terapan, antara lain action research, social impact assesment and evaluation research.

 

BAB III

STUDI KASUS

  1. STRATEGI PEMASARAN COCA COLA

Coca Cola Company merupakan perusahaan minuman terbesar di dunia. CocaCola Company menjual empat dari lima top minuman non alkohol sedunia,diantaranya: Coca Cola, Diet coke, Sprite, dan Fanta. Coca Cola Companymempekerjakan 71.000 orang dilebih dari 200 negara. Coca Cola Company kuranglebih memproduksi 400 merk yang terdiri lebih dari 2600 produk minuman. ProdukprodukCoca Cola didistribusikan melalui restoran dan toko makanan, sertapemasok. Coca Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh JohnStyth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialahyang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai CocaCola. Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama CocaCola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untukperiklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir,Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia.

Menghadapi pasar yang unik dan heterogen, merek global harus cermatmenyeimbangkan antara global standardization dan local customization.Standarisasi jelas akan meningkatkan efisiensi dan konsistensi yang lebih baikdalam menangani operasi global. Merek global harus melayani beragam pelangganyang unik di berbagai pasar di banyak negara. Coca Cola Company dapat melihatbahwa program pemasaran akan lebih efektif jika disesuaikan dengan targetpelanggan di masing-masing negara tersebut. Berbagai kondisi unik itu menuntutperlunya adaptasi, baik itu melalui fitur produk, maupun dalam kampanye iklan,kemasan, warna, bahan, harga, iklan, strategi penjualan, dan sebagainya.

Diferensiasi di pasar lokal dapat dilakukan pada content, konteks, atau infrastruktur.Coca-Cola menggunakan diferensiasi content dan konteks di Asia. Untuk content-nya,Coca-Cola membuat produknya mengandung lebih sedikit pemanis dan karbonasi disejumlah negara Asia Tenggara. Sementara itu, diferensiasi konteks merekawujudkan dalam bentuk label dan kemasan. Di Cina, nama “Coca-Cola” ditulis dalamhuruf Cina dan diucapkan sebagai Kekoukele, yang berarti “minumanmenyenangkan” atau ”Can-Be-Tasty-Can-Be-Happy” dalam bahasa Cina.Dalam menjalankan strategi pemasarannya, promosi Coca Cola melaluislogannya selalu up-to date mengikuti perkembangan jaman dan konsumen. DiIndonesia sendiri, Coca Cola telah menciptakan banyak slogan untuk meraih hatikonsumennya, yaitu antara lain:

  1. “Minumlah Coca-Cola” (1950) (Enjoy Coca-Cola)
  2. “Coca-Cola Tentu!” (1983) (Coke is it!)
  3. “Always Coca-Cola” (1993)
  4. “Semangat Coca-Cola” (2000) (Spirit of Coca-Cola)
  5. “Segarnya Mantap” (2004) (Feel Refreshed)
  6. “Hidup ala Coca-Cola” (2007) (The Coke Side of Life)
  7. “Brrr… Hidup ala Coca-Cola” (2009) (Brrr… The Coke Side of Life)
  8. “Buka Coca-Cola, Buka semangat baru” (2010) (Open Happiness)
  9. “Segarkan Semangatmu” (2011) (Refresh your spirit)

Inovasi adalah salah satu kunci keberhasilan yang menjadikan Coca-ColaIndonesia semakin besar, dikenal luas, serta memberikan kontribusi bagimasyarakat dan bangsa Indonesia. Melalui riset dan pengembangan (Research &Development), Coca-Cola terus berinovasi untuk menciptakan produk, kemasan,strategi pemasaran, serta perlengkapan penjualan baru yang lebih berkualitas,kreatif, serta mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan memahami kebutuhan danperilaku konsumen, serta potensi kekayaan alam Indonesia.Untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader, manajemenpemasaran Coca Cola Company memiliki beberapa program untuk mendukungpenjualan dan pemasaran produk-produknya. Program tersebut bertujuan untukmeningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, yaitu sbb:

  1. Program Promosi

Mereka mempunyai program promosi yang beragam, yang tidak hanyauntuk meningkatkan penjualan dan pemasaran, tetapi jugameningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk. Strategi pemasaranCoca Cola mempunyai ciri khas tersendiri, yang unik dan kreatif.Berbagai program promosi diadakan sesuai dengan event yang sedangberlangsung, baik melalui konser musik, pameran, promo penukarantutup botol, hadiah kejutan, maupun iklan TV. Pada tahun 2004, iklanCoca Cola versi Kabayan dinobatkan sebagai iklan paling efektif dalambulan Pebruari dan Maret versi survey TV Ad Monitor MRI.

Promo CocaCola juga memanfaatkan momentum tertentu, misalnya seperti: DemamPiala EURO 2004. Dengan memanfaatkan event berskala nasionalmaupun internasional, Coca Cola mencoba tampil dengan strategipemasaran baru yang menarik masyarakat. Coca Cola sering ditunjukFIFA menjadi sponsor Piala Dunia Sepak bola. Coca Cola menjadi sponsorPiala Dunia hampir setiap tahun diselenggarakan Piala Dunia termasukPiala Dunia 2010.

  1. Layanan Konsumen

Di Coca Cola, Customer Service System (CSS), sistem pelayanan pelanggan,didesain untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secaraterus-menerus terhadap produk-produk Coca-Cola dengan menyediakanpelayanan yang optimal kepada seluruh pelanggan berdasarkankebutuhan mereka masing-masing.

  1. Area Marketing Contractor

Terbatasnya sumberdaya dan kemampuan untuk melakukanpengembangan daerah tertentu, sekaligus komitmen untuk menciptakanpeluang kerja yang luas di sektor informal, mendorong Coca Cola untuksecara serius dan berkesinambungan mengembangkan jaringanDistribusi Tak Langsung (Indirect Distribution) berbasis Usaha Kecil danMenengah (UKM) di Indonesia. Sistem Distribusi ini mengandalkan duakelompok usaha kecil dan menengah yang terbagi dalam dua kelompokbesar: Area Marketing Contractor (AMC) dan Street Vending.

  1. Layanan Produk Pendingin

Riset membuktikan bahwa 90% konsumen Coca Cola lebih menyukaimembeli produk dalam keadaan dingin. Hal ini menunjukkan bahwaperanan Cold Drink Equipment (peralatan pendingin) sangat pentingdalam meningkatkan pertumbuhan penjualan dan mendorong tingkatkeuntungan para pelanggan.

  1. HoReCa

Dengan bekerjasama dengan berbagai Hotel, Restaurant, dan Caféternama, Coca Cola memberikan beragam penawaran menarik melaluiprogram HoReCa ini.

Selain berinovasi dalam produk, kemasan, dan strategi pemasaran;perlengkapan penjualan baru juga dikembangkan ke arah yang lebih baik. Berkaitandengan inovasi ini, Coca Cola Indonesia menciptakan jenis krat baru yang lebihringan, dibuat dari bahan yang ramah lingkungan.Kunci sukses inovasi tersebut adalah kolaborasi yang baik antara Coca ColaBottling Indonesia dan Coca Cola Company, pengembangan varian minuman cepatsaji dengan rasa baru, serta keinginan untuk menjadikan Coca Cola Indonesiasebagai perusahaan minuman cepat saji yang lengkap. Coca Cola Bottling Indonesiamerupakan salah satu produsen dan distributor minuman ringan terkemuka diIndonesia. Mereka memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berlisensidari The Coca Cola Company.

Perusahaan memproduksi dan mendistribusikanproduk Coca-Cola ke lebih dari 400.000 outlet melalui lebih dari 120 pusat penjualan.Coca Cola Bottling Indonesia merupakan nama dagang yang terdiri dari perusahaanperusahaanpatungan (joint venture) antara perusahaan-perusahaan lokal yangdimiliki oleh pengusaha-pengusaha independen dan Coca Cola Amatil Limited, yangmerupakan salah satu produsen dan distributor terbesar produk-produk Coca Coladi dunia. Coca Cola Bottling Indonesia memproduksi merek-merek inti seperti CocaCola, Sprite, Fanta, dan Frestea di dalam pabrik-pabriknya yang tersebar di seluruhIndonesia.

Untuk menjaga agar mutu minuman yang dihasilkan sesuai denganstandar, mereka menerapkan dengan ketat proses produksi yang diakui secarainternasional. Saat ini, dengan jumlah karyawan sekitar 10.000 orang, jutaan kratproduk didistribusikan dan dijual melalui lebih dari 400.000 gerai eceran yangtersebar di seluruh Indonesia.

Menurut data dan analisa penulis, keunggulan produk Coca Cola antara lain

adalah sbb:

  1. Menguasai pangsa pasar dunia.
  2. Tersebar hingga lebih ke 200 negara dan memiliki divisi di beberapanegara.
  3. Melakukan bottling investment dengan beberapa investor dan
  4. Kepopuleran merk yang me-legenda pada masyarakat dunia.
  5. Positioning produk yang tepat menempatkan Coca Cola sebagai minummenyegarkan penghilang dahaga.
  6. Inovasi secara terus menerus dan sebagai inovator dalam industri softdrink.
  7. Adanya produk Coca Cola Zero dan Diet Coke yang dinilai peduliterhadap kesehatan konsumen.
  8. Harga produk yang kompetitif.
  9. Kemasan produk yang menarik, Coca Cola memenangkan penghargaanuntuk kategori kemasan kaleng dari jenis produk yang paling inovatifdan atraktif.
  10. Riset dan Development yang intensif.
  11. Diferensiasi di pasar lokal dapat dilakukan pada content, konteks, atauinfrastruktur yang berbeda di setiap negara.
  12. Pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen.

BAB IV

PENUTUP

  • Penutup

Global marketing atau pemasaran global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan strategi pemasaran (global), pasar (global), maupun produk yang sama di berbagai negara lain. Atau sederhananya pemasaran global adalah kegiatan pemasaran yang melakukan operasinya melalui beberapa negara dan melewati batas-batas lebih dari satu negara. Manajemen pemasaran global adalah disiplin ilmu universal yang dapat diterapkan dimana saja, kebiasaan pemasaran bervariasi dari satu negara ke negara lain. Fokus pentingnya pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global.

DAFTAR PUSTAKA

https://bintangfararyani.wordpress.com/2013/02/03/pemasaran-global-philip-kotler-dkk/ (diakses pada pukul 28 Desember 2016 pukul 13.30)

www.slideshare.net/asepsyaepullah/artikel-globalmarketing(diakses pada pukul 28 Desember 2016 pukul 13.40)

https://nuryana26.wordpress.com/2010/12/16/bisnis-internasional (diakses pada pukul 28 Desember 2016 pukul 13.48)

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s